Sejarah BIONS BNI Diluncurkan Pertama Kali

BIONS BNI (Bank Negara Indonesia Online System) adalah sistem perbankan online yang dimiliki oleh Bank Negara Indonesia (BNI).

Sistem ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara online melalui komputer atau perangkat seluler.

BIONS BNI pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 dengan nama BNI Phone Banking. Pada awalnya, layanan ini hanya dapat diakses melalui telepon. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, BNI Phone Banking berkembang menjadi BIONS BNI yang dapat diakses melalui internet.

Sejak diluncurkan, BIONS BNI terus mengalami pembaruan dan peningkatan. Pada tahun 2005, BNI mengeluarkan versi baru dari BIONS BNI yang disebut BNI Internet Banking. Kemudian, pada tahun 2013, BNI meluncurkan aplikasi mobile banking yang dapat diakses melalui perangkat seluler.

Lalu pada tanggal 2 Mei 2019 di gedung Bursa Efek Indonesia, Direktur Utama BNI Sekuritas, Adiyasa Suhadibroto mengatakan,  “Kita sudah masuk format online dari 2010 melalui e-smart, tapi dalam perjalanannya teknologi cepat berubah. Kami ingin meng-capture perubahan itu dengan BIONS. Jadi BIONS dulu basic-nya dari e-smart masih fokus ke saham, sekarang dengan BIONS multi trading ke reksa dana dan bonds. Dengan demikian, aplikasi BIONS diharapkan bisa menjangkau investor di seluruh Indonesia. Yang cukup menarik, nantinya reksa dana bisa ditransaksikan secara ritel, obligasi juga begitu,” 

Saat ini, BIONS BNI memiliki fitur yang sangat lengkap, antara lain transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan voucher game, investasi online, dan masih banyak lagi. Selain itu, BNI juga mengutamakan keamanan dalam penggunaan BIONS BNI dengan menggunakan berbagai sistem keamanan seperti token, OTP (One Time Password), dan lain-lain.

Dalam sejarahnya, BIONS BNI telah menjadi salah satu inovasi terbaik di dunia perbankan Indonesia. BNI terus berinovasi untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya.

Post a Comment

Terima kasih atas komennya

Previous Post Next Post