Mengatur Tampilan Windows 11 Lebih Mudah Seperti Windows 10


Windows 11 menawarkan pengalaman yang cukup baik meskipun terdapat beberapa hal yang kurang seperti tampilan taskbar yang buruk.

Namun pengalaman menggunakan sistem operasi ini bisa ditingkatkan dengan melakukan beberapa pengaturan sederhana agar terasa lebih seperti Windows lawas. Ini merupakan perubahan cepat dan sederhana untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, mematikan iklan yang mengganggu, mengurangi data yang dikirim ke Microsoft, dan lainnya. Anda dapat melakukannya dalam waktu yang singkat. Berikut adalah lima pengaturan Windows 11 :

1. Kembalikan Menu Start di sebelah Kiri

Interface Windows 11 mirip dengan Mac dan Chromebook namun ikon-ikon taskbar di Windows 11 agak membingungkan. Untungnya, Microsoft membuatnya mudah untuk memindahkan menu Start kembali ke sudut kiri. Silahkan menuju

Settings > Personalization > Taskbar > Taskbar Behaviors.

Kita akan melihat kolom yang diberi label Taskbar Alignment dengan menu drop-down. Ubah menu drop-down dari Tengah ke Kiri. 

2. Matikan Notifikasi

Windows 11 sendiri mengeluarkan beberapa notifikasi, tetapi yang paling menjengkelkan adalah aplikasi-aplikasi pihak ketiga, terutama jika laptop atau desktop Cara menghentikan gangguan ini sangat mudah. Buka menu:

Head to Start > System > Notifications

3. Matikan Iklan Microsoft

Scroll ke bawah di luar daftar aplikasi yang dapat mengirimkan notifikasi, dan Anda akan melihat beberapa kotak tambahan yang terkait dengan Windows 11 sendiri memberikan "tip dan saran" tentang cara menggunakan PC Anda. Jika tidak suka melihat promosi Microsoft muncul di aplikasi Settings Anda, buka:

Start> Settings> Privacy & security> General

Menonaktifkan "Show me suggested content in the Settings app" akan menyelesaikan masalah, meskipun Anda mungkin ingin menonaktifkan semua opsi ini.  Akhirnya, buka:

Settings> Personalization> Device Usage

4. Ubah Browser Default

Microsoft Edge sebenarnya cukup bagus, tetapi jika kita sering menggunakan Chrome, Firefox, Opera, atau Brave yang fanatic dan mengubah browser default sangat mudah. Setelah mengunduh dan menginstal browser pilihan Anda, seharusnya akan menanyakan apakah Anda ingin membuatnya sebagai default. Lakukan, ya. Tetapi jika Anda melewati kesempatan Anda selama pengaturan, buka:

Settings> Apps> Default apps

Temukan nama browser Anda dalam daftar, dan klik di atasnya. Banner "Make <browser name> your default browser" dengan tombol Set Default di bagian atas halaman akan menyelesaikan masalah.

5. Bersihkan Taskbar

Taskbar Windows 11 dipangkas lebih ringkas tapi kurang menyenangkan karena berisi ikon dan fitur yang mungkin tidak kita minati. Buat lebih mudah dilihat dan klaim kembali sebagian ruang dengan pergi ke:

Settings > Personalization > Taskbar dan membatalkan pilihan setiap item taskbar yang tidak akan pernah kita gunakan. 

6. Mode gelap

Terakhir, ini adalah preferensi pribadi yang opsional. Beberapa orang suka menatap teks hitam daripada layar putih sepanjang hari. Maka kita dapat mengaktifkan mode gelap yakni dengan menuju ke:

Settings > Personalization > Colors dan cari kolom bernama Choose Your Mode. Ubah menu dropdown dari Light ke Dark. Mata Anda akan berterima kasih. 


Post a Comment

Terima kasih atas komennya

Previous Post Next Post