7 Dosa Mematikan dari Mulut, Kamu yang Mana?


Hari libur pertama menjelang Idul Fitri, Sam iseng mencari-cari video tentang sifat manusia lalu ketemulah video Julian Treasure di chanel youtube TED. Dia adalah seorang penulis, pembicara, dan ahli suara terkenal yang memiliki pandangan unik tentang dosa-dosa dalam komunikasi, dan berikut adalah 7 dosa menurut Julian Treasure:

Gossip (membicarakan orang lain dengan tidak baik):
Menjelek-jelekan orang lain dibelakang. Sering kita melakukannya bukan? Ini dapat merusak reputasi seseorang dan menghancurkan hubungan.

Judging (menghakimi orang lain):
Biasanya dilakukan bersamaan dengan menggosip. Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat orang kehilangan rasa hormat terhadap Anda.

Negativity (berbicara dengan sikap negatif):
Menganggap diri dan orang lain kurang dan sebagainya. Ini dapat mempengaruhi suasana hati dan energi di sekitar Anda, dan juga dapat membuat orang lain merasa terancam.

Complaining (mengeluh):
Sedikit-sedikit mengeluh. Serasa dunia ini akan runtuh. Ini bisa mengganggu orang lain dan membuat mereka tidak sabar dengan Anda.

Excuses (mencari alasan):
Melempar kesalahan atau tanggung jawab ke orang lain. Ini bisa membuat Anda terlihat tidak bertanggung jawab dan tidak profesional.

Lying (berdusta)
Hal-hal kecil sudah terbiasa berbohong pasti lambat laun hal besar juga diselimuti kebohongan. Ini dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan dan menghancurkan hubungan.

Dogmatism (memaksakan pandangan)
Kadang kita dicecar dengan pendapat yang mencampurkan fakta dan pandangan pribadi. Lalu seolah-olah menjadi pendapat yang absolut benar. Ini dapat membuat orang merasa tidak dihargai dan tidak terlibat dalam diskusi, serta menghalangi pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan kolektif.

Kita termasuk yang mana ya? Mari kita refleksikan

Sedia koleksi foto-image terlengkap

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Terima kasih atas komennya