Pahami Sejarah Kartu Grafis Komputer Sebelum Membeli

Video Graphic Adapter (VGA) adalah kartu grafis yang digunakan untuk menghasilkan gambar pada layar komputer.

VGA pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987 oleh IBM untuk digunakan pada komputer IBM PS/2.

Sebelum VGA, kartu grafis yang paling umum digunakan adalah kartu Hercules. Kartu ini hanya mampu menghasilkan gambar monokromatik dengan resolusi 720x348 piksel. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan kartu CGA (Color Graphics Adapter) yang dapat menghasilkan gambar dengan warna, tetapi resolusinya hanya 320x200 piksel.

Kemudian, pada tahun 1984, IBM memperkenalkan kartu EGA (Enhanced Graphics Adapter) yang dapat menghasilkan gambar dengan warna dan resolusi hingga 640x350 piksel. Namun, kartu EGA masih belum cukup untuk menampilkan grafis yang lebih kompleks, seperti pada game-game modern.

Oleh karena itu, pada tahun 1987, IBM memperkenalkan kartu VGA yang dapat menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 640x480 piksel dengan 16 warna. VGA juga memiliki kemampuan untuk menampilkan 256 warna dalam mode 320x200 piksel.

VGA menjadi standar industri untuk kartu grafis pada komputer selama bertahun-tahun. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, VGA kemudian digantikan oleh kartu grafis yang lebih canggih, seperti kartu SVGA (Super VGA) pada tahun 1990, yang dapat menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 800x600 piksel atau lebih tinggi dengan jumlah warna yang lebih besar.

Pada saat ini, kartu grafis terbaru mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 4K atau bahkan 8K dengan jumlah warna yang sangat banyak, memungkinkan untuk menampilkan grafis yang sangat kompleks dan realistis pada layar komputer.

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Terima kasih atas komennya