Sudah Saatnya Sekolah Mengajarkan Coding


Sejak menteri Nadiem Makarim mendengungkan coding di sekolah, banyak orangtua siswa bertanya-tanya. "Apa ini coding?". "Kami tahu bahwa anak-anak sekolah normal dari berangkat sampai pulang sekolah dan sekarang ada istilah coding!". "Apa yang mesti kami lakukan?".
Coding sendiri memiliki arti kegiatan menulis kode-kode perintah yang dapat dijalankan oleh komputer sesuai dengan kemauan penulis kode. Ingat komputer bukan hanya PC saja tapi berbagai perangkat digital juga disebut komputer.
Di negara-negara maju istilah "coding di sekolah" sudah berjalan beberapa tahun lalu. Mereka antusias mengenalkan coding pada anak-anak usia sekolah karena mereka yakin bahwa anak-anak muda mempunyai energi besar untuk mengontrol banyak hal dengan coding. Bahkan CEO Code for Change di America Jonathan Novotnay mengatakan bahwa "Coding adalah jalan hebat bagi anak-anak untuk mengontrol teknologi dalam menatap masa depan".
Lihat negara kita yang hampir semua dikendalikan oleh teknologi mulai dari lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, perekonomian, rumah sakit, militer, transportasi. Egoverment, Ebanking, Ecommerce, Ojek online dan banyak lagi. Pak menteri yang juga CEO Ojek Online juga merasakan sendiri begitu besar manfaat teknologi.
Maka sudah saatnya anak-anak muda bangsa ini dikenalkan dengan coding. Tentu guru-guru juga harus menguasai terlebih dahulu sehingga nanti dapat melakukan pendekatan yang baik dalam mendampingi anak-anak belajar coding. Metode dan pendekatan yang fun pasti akan disukai oleh anak-anak. Guru-guru juga bisa menggunakan game-game coding yang bertebaran di internet seperti berikut:
  1. Studio Code Angry Bird adalah game yang memberi kode arah gerak Angry Bird mengejar babi.
  2. Studio Code Frozen adalah game yang memberi kode arah gerak Elsa dan Anna untuk membuat hiasan salju
  3. Scratch adalah games online coding buatan Massachusetts Institute of Technology untuk pemula seperti guru pelajar atau orangtua untuk membuat animasi, games dan karya seni.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang manis yah