Mengelola Kelas : Cara Menghadapi Siswa Bermasalah

Hampir semua pendidik pasti pernah mengalami permasalahan dalam pengelolaan kelas. Bagi pendidik permasalahan yang muncul memang sangat mudah diidentifikasi, namun tidak jarang malah semakin tidak terkendali dan terjadi pembiaran. Masalah-masalah yang kerap muncul di kelas antara lain, berbuat onar, mengganggu teman, nakal, usil, minder, pasif, sulit diatur, menolak perintah dan banyak lagi. Permasalahan yang muncul kebanyakan dipicu dari lingkup terdekat seperti di keluarga sehingga di sekolah menjadi tempat pelampiasan. Maka sebaiknya lingkungan sekolah sebagai tempat yang baik untuk menetralkan permasalahan siswa. Berikut beberapa langkah yang dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk mengatasi masalah siswa:

Selalu berhubungan dengan orang tua
Pastikan menghubungi orang tua jika terjadi permasalah dan seberapa sering siswa melakukannya. Pastikan info tersebut segera diterima orang tua

Usahakan dekat
Apabila pendidik sudah mengenali siswa yang bermasalah, ada baiknya posisikan dekat dengannya. Duduk siswa bisa didekatkan pendidik agar pencegahan dapat cepat ditangani.

Menjelaskan konsekuensi
Pendidik agar sering menjelaskan diawal tentang konsekuensi apa yang didapat oleh siswa jika mereka tidak mengerjakan tugas atau melakukan masalah yang lain.

Pilih waktu yang tepat
Siswa diusia perkembangan memang sangat sulit untuk dikendalikan, apalagi pendidik melakukan teguran di depan teman-temannya. Maka carilah waktu terbaik untuk berbicara secara pribadi.

Berusaha berempati
Siswa yang bermasalah menyebabkan kejengkelan tapi sebagai orang dewasa, pendidik perlu mengetahui apa sebenarnya yang terjadi dan apa penyebab sampai siswa bermasalah.

Membangun celah relasi
Untuk bisa mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada siswa maka pendidik mampu mencari celah terbaik untuk mendekatkan pada siswa. Bisa berbincang tentang hobi, kegemaran siswa atau yang menjadi tren saat ini.

Kerjasama dengan rekan kerja
Kadang siswa sulit kita didekati, maka libatkan rekan kerja untuk menggali banyak informasi tentang siswa. Di sekolah juga ada guru BK yang tugasnya mendampingi psikologis siswa, galilah info dari mereka.

Mengatur jadwal tugas dan test
Sebagaian dari pendidik tidak paham tentang beban kerja yang harus ditanggung siswa. Dengan dalih melatih daya juang siswa, kadang pendidik memberikan tugas yang harus dikumpulkan cepat dan juga dadakan. Tugas masing-masing mata pelajaran yang sifatnya bersamaan memang tidak efektif dan malah menyebabkan siswa frustasi.

Tutor sebaya
Pendidik harus tahu siswa mana yang kesulitan dan paham pada mata pelajaran tertentu. Maka komunikasikan dengan baik pada siswa yang pandai mata pelajaran tertentu untuk mengajari siswa lain yang kesulitan.

Apresiasi dengan pujian
Jangan pernah sulit memberi pujian pada siswa yang bermasalah. Pada suatu waktu tertentu siswa tersebut berbuat positif, sekecil apapun berikan pujian padanya.

(Sam Londo @londogodong - 21 Desember 2018)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang manis yah