Games Aman dan Lancar dengan VPN


Jika Anda peduli dengan  keamanan online maka Anda harus menggunakan jaringan virtual pribadi atau VPN. VPN dapat melindungi kegiatan privasi dengan mencegah pemasang iklan, pemerintah,, dan siapapun yang melacak aktivitas Anda secara online. Masalahnya, meskipun VPN sebagai alat keamanan yang hebat, juga bisa mengacaukan koneksi internet. Permainan game bisamenjadi lamban atau bahkan tidak dapat dimainkan sama sekali. Beberapa judul games bahkan mungkin tidak bisa dijalankan dengan VPN.

Sangat disayangkan dengan koneksi VPN tidak dapat memainkan games kesayangan namun jangan terlalu risau karena berikut solusi untuk mengatasinya.

Apa itu VPN?
Saat mengaktifkan VPN, ini akan menciptakan terowongan terenkripsi antara komputer dan server yang dioperasikan oleh perusahaan VPN. Data berjalan melalui terowongan ini, yang melindunginya dari kegiatan orang jahil, administrator jaringan, perusahaan ISP, dan orang lain yang mencoba memata-matai. Ini sangat penting sekarang bahwa dewan di beberapa negara telah menyetujui ISP untuk menjual metadata yang dianonimkan tentang penggunanya dan itu berarti pelanggannya.

Dari server VPN, data keluar ke internet publik. Karena data tampaknya berasal dari server VPN dan bukan komputer Anda, siapa pun yang menonton lalu lintas jaringan di web akan melihat alamat IP dari server VPN alih-alih alamat IP komputer Anda. Siapa pun yang ingin melacak dapat menggunakan alamat IP untuk menghubungkan gerakan data di seluruh web. Beberapa VPN, seperti VPNArea, menyertakan alat untuk mengarahkan alamat IP Anda pada interval yang ditentukan, bahkan untuk keamanan lebih.

Wartawan dan aktivis politik telah menggunakan VPN selama bertahun-tahun untuk menghindari penyensoran pemerintah terhadap internet. Dengan memilih server VPN di luar negari yang represif, masyarakat dapat menjelajah web seolah-olah mereka tinggal di negara tanpa batasan.

Dengan cara yang sama, dapat menggunakan VPN untuk menipu lokasi. Cukup pilih server VPN di luar negari pengguan dan akan muncul seolah-olah pengguna menjelajah web dari manapun server VPN berada. Ini berguna karena berbagai alasan, tidak sedikit yang mengakses konten video yang dibatasi di negara tertentu. BBC, misalnya, menawarkan aliran video gratis kepada siapa saja di Inggris. Jika Anda tinggal di luar Inggris, cukup terhubung ke server VPN yang berbasis di Inggris, dan Anda masuk. Selalu periksa apakah menggunakan VPN melanggar hukum setempat atau persyaratan layanan sebelum menggunakannya.

Selalu ada titik lemah
VPN adalah alat yang sangat hebat, namun tidak terlalu kuat. Ketika data keluar dari server VPN, misalnya, tidak lagi dienkripsi dan dapat dicegat jika tidak menghubungkan ke situs web aman (HTTPS). Selanjutnya, VPN tidak menawarkan tingkat penyebutan yang sama dengan Tor, artinya lebih mudah (tapi tetap sangat sulit) untuk menentukan alamat dan lokasi IP sebenarnya saat menggunakan VPN daripada saat Anda menggunakan Tor.

Tidak ada alat ajaib dalam dunia keamanan yang akan membuat benar-benar aman (atau benar-benar anonim). Jika orang ingin menargetkan secara khusus, dan bersedia meluangkan waktu dan uang untuk terlibat, mereka mungkin akan berhasil. Tapi VPN membuatnya lebih sulit, dan dapat menyimpan data dan informasi pribadi Anda agar tidak terbawa dalam jenis pengawasan massal dan serangan yang telah kita lihat akhir-akhir ini. Paling tidak, Anda tidak akan menjadi buah yang menggantung dengan rendah pepatah; Penyerang rata-rata lebih cenderung mengejar target yang lebih mudah.

Beberapa layanan VPN mengklaim mereka akan mempertahankan jalurnya dari situs-situs malware dan phishing, namun banyak yang tidak percaya bahwa mereka memberikan tingkat perlindungan yang sama seperti perangkat lunak antivirus. Sehebat apapun VPN, tidak bisa berguna seperti password manager untuk melindungi akun-akun online. Keamanan jaringan, seperti berpakaian untuk musim dingin, yang paling baik memakainya secara berlapis-lapis.

Kekhawatiran terbesar yang dimiliki orang dengan VPN adalah bahwa mereka dapat memiliki dampak negatif pada koneksi internet. Routing lalu lintas web yang melalui server VPN menambahkan jarak fisik ekstra dan mesin antara dan apapun yang inginkan di web-bahkan jika memaikan video game.

PCMag seperti dirangkum Londogodong.com melakukan ujicoba VPN, untuk melihat perbedaan antara saat VPN aktif dan tidak. Serangkaian tes kecepatan dengan menggunakan alat uji kecepatan Ookla, membuang nilai tertinggi dan terendah, rata-rata sisa data, lalu menghitung perubahan persentase. Test dilakukan dua kali. Pertama kali menggunakan server uji kecepatan Ookla di dekatnya dan server VPN terdekat, untuk mendapatkan kecepatan terbaik. Yang kedua menggunakan server Ookla di Anchorage, Alaska, dan server VPN di Australia. Tes terakhir ini melihat bagaimana kinerja VPN saat Anda terhubung dalam jarak yang sangat jauh.
Secara umum, hasilnya seperti harapkan banyak orang. Saat terhubung ke server terdekat, kami menemukan bahwa sebagian besar VPN menyebabkan peningkatan latensy dengan pengurangan kecil yang sebanding pada  kecepatan mengunggah dan mendownload. Jarak yang lebih jauh, pengurangan kecepatan upload dan download meningkat, dengan hanya beberapa kasus menonjol dari kinerja yang benar-benar buruk. Namun, Latency meningkat secara dramatis-tidak mengherankan bila Anda menganggap bahwa Anda secara efektif memantapkan lalu lintas web Anda ke sisi lain planet ini. Latency adalah hal sangat dibutuhkan gamer daripada pengguna biasa.
Beberapa VPN benar-benar meningkatkan kecepatan dan kinerja. Oleh karena itu pemilihan tepat dalam menggunakan layanan VPN.

0 komentar: