Mesin Pencari Korea Selatan Mengusung Kecerdasan Buatan



Naver, Perusahaan Pencarian Internet Terkemuka Korea Selatan, Memperkenalkan HyperCLOVA X, Alat Kecerdasan Buatan Generatifnya

Pada hari Kamis, Naver, perusahaan pencarian internet ternama asal Korea Selatan, secara resmi merilis alat kecerdasan buatan generatif terbarunya yang diberi nama HyperCLOVA X. Dengan model bahasa besar (Large Language Model, LLM) yang dimilikinya, perusahaan ini menawarkan layanan-layanan inovatif seperti chatbot kecerdasan buatan bernama CLOVA X, mirip dengan ChatGPT, serta mesin pencari berbasis kecerdasan buatan generatif bernama Cue, yang setara dengan Microsoft Bing.

Unit awan Naver yang dikenal sebagai Naver Cloud, bertanggung jawab atas peluncuran HyperCLOVA X ini. Menurut mereka, layanan beta CLOVA X telah dimulai dalam bahasa Inggris dan Korea sejak tanggal 24 Agustus. Sementara itu, Cue, yang direncanakan akan diluncurkan sebagai pengujian beta pada bulan September, akan segera diintegrasikan ke dalam mesin pencari Naver yang sudah ada pada bulan November.

Lebih Lanjut Tentang HyperCLOVA X dan Penawarannya

HyperCLOVA X tersedia bagi kreator dan pelanggan korporat. Ini merupakan versi yang ditingkatkan dari model bahasa besar sebelumnya yang diperuntukkan bagi bahasa Korea, yang dikenal dengan nama HyperCLOVA, yang diluncurkan pada tahun 2021. HyperCLOVA diklaim memiliki lebih dari 204 miliar parameter, meskipun Naver belum mengungkapkan berapa banyak parameter yang telah dijadikan dasar pembelajaran untuk HyperCLOVA X. (Pengguna harus mendaftarkan akun Naver untuk menggunakan HyperCLOVA X, demikian pernyataan resmi perusahaan.)

Naver memiliki tim yang terdiri dari lebih dari 500 pakar kecerdasan buatan yang berdedikasi, dan menjadi salah satu dari hanya lima perusahaan di seluruh dunia yang telah berhasil mengembangkan model bahasa besar sendiri dengan lebih dari 100 miliar parameter. Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Naver, SooYeon Choi, dalam surat kepada para pemegang saham yang diterbitkan pada awal pekan ini.

Visi Masa Depan Naver

Selain peluncuran ini, Naver Cloud juga tengah mengembangkan model bahasa multimodal untuk CLOVA X yang nantinya mampu menganalisis dan menghasilkan bukan hanya teks, melainkan juga gambar, video, dan audio. Menurut Nako Sung, kepala Teknologi dan Kecerdasan Buatan di Naver Cloud, perusahaan berambisi merilis model bahasa multimodal Clova X dalam waktu dekat.

Keputusan Naver untuk meluncurkan alat kecerdasan buatan generatif ini sejalan dengan upaya global dari pelaku teknologi utama untuk terus meningkatkan produk-produk kecerdasan buatan generatif mereka. Nama-nama besar seperti OpenAI yang didukung oleh Microsoft, Google, dan Baidu telah merilis produk serupa. Naver mengatakan bahwa mereka telah fokus pada wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh kompetitor, guna menawarkan aplikasi kecerdasan buatan yang sesuai dengan kepekaan politik dan budaya di wilayah Timur Tengah serta negara-negara non-Bahasa Inggris seperti Spanyol dan Meksiko, selain dari Korea Selatan, Jepang, dan Asia Tenggara.

Dalam waktu dekat, raksasa internet Korea ini juga akan membuka pusat data kedua mereka, GAK Sejong, dengan 600.000 server di Korea Selatan. Hal ini dalam rangka mendukung layanan-layanan kecerdasan buatan generatif mereka. Naver juga telah menjalin kerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan chip kecerdasan buatan yang akan digunakan dalam proyek kecerdasan buatan skala besar sejak Desember tahun lalu.

Image by Freepik

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Terima kasih atas komennya