Elon Musk Kena Kasus, Pemegang Saham Tesla dapat Kompensasi


Kompensasi Bagi Pemegang Saham Tesla Setelah Cuitan Kontroversial Elon Musk

Pemegang saham Tesla yang mengklaim menderita kerugian finansial akibat cuitan CEO Elon Musk tentang rencana privatasi perusahaan tampaknya berada di ambang menerima kompensasi dari dana senilai $42,3 juta yang dibentuk sebagai bagian dari penyelesaian tuntutan hukum federal terkait penipuan sekuritas yang melibatkan Musk.

Menurut Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), sekitar 3.350 klaim yang memenuhi syarat akan membagi pembayaran tersebut, yang mencakup hampir 52% dari kerugian yang mereka alami. Informasi ini terungkap melalui dokumen pengadilan yang diajukan pada hari Rabu di Pengadilan Distrik Selatan New York.

Tentang Kompensasi untuk Para Investor

Kompensasi kepada para investor ini datang beberapa bulan setelah Elon Musk dinyatakan tidak bertanggung jawab dalam persidangan kelas terkait penipuan sekuritas. Persidangan tersebut menjelajahi bagaimana cuitan kontroversial Musk yang menyatakan "pendanaan telah terjamin" menyebabkan fluktuasi harga saham dan berdampak pada kerugian finansial para investor. Jika Musk dinyatakan bersalah dalam persidangan tersebut, dia mungkin harus membayar miliaran dolar sebagai ganti rugi kepada para pemegang saham.

Asal Dana Kompensasi

Dana kompensasi ini berasal dari penyelesaian dengan SEC pada tahun 2018 terkait cuitan Musk di Twitter. Setelah SEC mengajukan keluhan bahwa Musk berbohong ketika dia mengumumkan di Twitter bahwa dia telah mengamankan pendanaan untuk mengambil alih perusahaan secara swasta dengan harga $420 per saham, Musk setuju untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua Tesla dan membayar denda sebesar $20 juta. Tesla juga setuju membayar denda terpisah sebesar $20 juta. Total jumlah denda kemudian bertambah menjadi $42,3 juta setelah pembayaran bunga.

Proses Penyelesaian dan Harapan Masa Depan

Hakim Distrik Amerika Serikat Lewis Liman di Manhattan berharap dapat menyetujui pembayaran kompensasi ini pada atau segera setelah 1 September. Penyelesaian SEC juga termasuk persyaratan bahwa Musk setuju untuk membiarkan seorang pengacara Tesla menyetujui beberapa cuitan di Twitter-nya. Keputusan untuk tetap mempertahankan persyaratan ini dihadang oleh Musk yang menyebutnya sebagai "pengekang" terhadap haknya atas kebebasan berbicara. Musk diperkirakan akan mengajukan banding ke Mahkamah Agung Amerika Serikat terkait keputusan ini.

Image by Freepik

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Terima kasih atas komennya