Google Memperingatkan Akan menghapus Gmail


Google memperingatkan pengguna tentang kemungkinan penghapusan akun Gmail mereka. Perusahaan memberikan waktu yang cukup bagi pengguna yang terdampak untuk mengamankan akun yang ingin mereka pertahankan. Penghapusan akan dimulai pada awal Desember dan berlaku hanya untuk akun tidak aktif, dilakukan demi alasan keamanan karena akun lama dapat menjadi risiko. Google menganggap akun tidak aktif jika tidak digunakan selama dua tahun, baik masuk ke Gmail, menonton YouTube, mencari di Google, atau mengunduh aplikasi dari Play Store. Akun dengan saldo uang atau digunakan untuk layanan lain akan tetap terbuka.

Google telah memperingatkan pada bulan Mei bahwa penghapusan akun-akun tidak aktif akan dimulai. Alasan di balik tindakan ini adalah akun yang tidak aktif lebih mudah diretas dan digunakan untuk kejahatan online. Perusahaan mengingatkan bahwa akun yang terlupakan atau tidak terawasi sering menggunakan kata sandi lama atau lemah, belum menerapkan autentikasi dua faktor, dan menerima sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna. Para penyerang dapat memanfaatkan akun tersebut untuk mengirimkan email spam atau mencuri identitas.

Saat ini, Google mengirimkan email peringatan kepada pengguna terdampak, memberi tahu mereka tentang kemungkinan kehilangan akses ke akun mereka. Tujuannya adalah melindungi informasi pribadi dan mencegah akses tidak sah, bahkan jika layanan Google tidak lagi digunakan. Pesan peringatan akan dikirimkan tidak hanya ke akun Gmail yang terkena dampak, tetapi juga ke alamat email pemulihan yang telah diberikan. Pengguna akan diberi peringatan setidaknya delapan bulan sebelum akun mereka dihapus. Setelah dihapus, email yang terkait dengan akun tersebut tidak akan lagi dapat digunakan, mencegah pencurian alamat yang telah pulih.

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Terima kasih atas komennya