Jual Beli Karya Seni Dengan NFT


Tahun 2021 volume perdagangan NFT meningkat drastis. Hal disebabkan semakin banyak orang yang menggunakan NFT untuk menjual karya mereka. Siapapun, pro maupun pemula seniman, musisi, influencer, kreator-kreator lain dapat menjual karya mereka berbentuk NFT. Terbukti banyak karya yang dipamerkan untuk di lelang.

Berikut salah satu karya file yang di lelang


Non-Fungible Token, atau NFT adalah berkas digital unik yang disimpan di rantai blok (legger/buku besar digital) berupa token kriptografi. Berbeda dengan mata uang kripto berupa koin digital yang diperdagangkan atau ditukarkan dalam jumlah tertentu, NFT nilai karyanya memiliki batas. Masing-masing NFT memiliki tanda tangan sendiri sehingga tidak saling dipertukarkan.

Cara kerjanya ketika seseorang ingin menokenkan karya seninya ke bentuk NFT maka akan memiliki satu sertifikat asli. 

NFT dibuat dengan mengunggah berkas, seperti karya seni, ke pasar lelang NFT, seperti KnownOrigin, Rarible, atau OpenSea. Saat membuat salinan berkas akan direkam di buku besar digital sebagai NFT, yang dapat dibeli dengan mata uang kripto dan dijual kembali. 

Seorang seniman dapat menjual NFT yang mewakili karyanya, namun seniman masih dapat mempertahankan hak cipta untuk karya dan membuat lebih banyak NFT dari karya yang sama. Pembeli NFT tidak mendapatkan akses eksklusif ke karya, juga tidak mendapatkan kepemilikan pembeli dari berkas digital asli. Seseorang yang mengunggah karya tertentu sebagai NFT tidak harus membuktikan bahwa mereka adalah seniman asli, dan ada banyak kasus di mana seni digunakan untuk NFT tanpa izin pencipta. Seseorang yang mengupload karya tertentu sebagai NFT tidak harus membuktikan bahwa dirinya adalah seniman aslinya, dan ada banyak kasus di mana seni digunakan untuk NFT tanpa izin penciptanya.

Cara membeli NFT diperlukan mata uang kripto, tentu harus memiliki dompet kripto lalu mentransfer sejumlah uang uang untuk dikonversi menjadi mata uang kripto. Pembuatan dompet bisa melalui exchanger. Pilihlah exchanger yang aman dan terverifikasi pemerintah seperti Tokocrypto, Indodax dll. Setelah itu membeli NFT melalui beberapa website diatas.

Cara daftar Tokocrypto

Berikut contoh NFT yang dijual di Tokocryto



Post a Comment

0 Comments