VGA yang Cocok Untuk Desain Grafis

Memilih komputer untuk keperluan desain grafis harus benar-benar pas, boleh dianggap komputer adalah nyawa bagi para desainer. Terlebih dalam pemilihan VGA karena komponen ini yang menentukan dalam pengolahan grafis. Meskipun di pasaran banyak sekali produk VGA namun seringkali desainer grafis bingung dalam menentukan pilihan.
Seringkali pertanyaan muncul diatanra mereka adalah "Apakah VGA gaming bisa dipakai untuk desain terlebih untuk keperluan proses rendering. Salah satu desainer interior di kota Malang sempat bertanya pada penulis setelah dia menanyakan pada temannya sesama desainer. Temannya tersebut menyarankan menggunakan VGA gaming seperti kepunyaanya dengan spesifikasi:
MSI GTX 750TI OC Gaming Twin Frozr 2GB DDR5 128 Bit harga kisaran Rp 2.400.000 
Sedangkan penulis menyarankan menggunakan VGA khusus grafis dengan spesifikasi:
VGA NVDIA QUDRO K2000 GDDR 5 2 GB 128 BIT  Rp 3.000.000

Mari kita bahas perbandingan dua VGA diatas. Pertama, yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan desain seperti apa? Kalau digunakan untuk rendering maka VGA dibutuhkan yang memiliki kemampuan untuk write. Proses rendering termasuk proses yang menghasilkan produk atau write maka yang tepat adalah VGA khusus grafis yakni Nvidia Quadro. Sedangkan VGA MSI GTX 750TI OC Gaming Twin Frozr memiliki kemampuan read atau menampilkan produk game pada sebuah layar monitor. Dengan fasilitas OC (overclocking/menaikan kecepatan baca) maka cocok digunakan untuk kegiatan gaming.
Kedua, dari selisih harga terpaut Rp 600.000, namun dengan pemilihan yang tepat proses rendering akan semakin cepat dan menghasilkan tampilan yang bagus. Tentu konsumen desain interior akan merasa puas dengan tampilan yang menawan. Salam Desain.

0 komentar:

Post a Comment