Mempercepat Laptop Lambat

Banyak sekali pengguna laptop berang karena saat diperlukan, laptop tidak dapat digunakan atau lelet. Padahal kerjaan harus segera diselesaikan karena dikejar waktu. Kekesalan kita pada laptop sah-sah saja, akan tetapi jika dirunut ternyata masalah muncul karena pengguna sendiri. Laptop sering kali hanya digunakan saja tanpa memperhatikan perawatan berkala baik dari segi hardware maupun software.

Berikut tips menjaga laptop tetap terawat, bersih dan kinerja cepat.

1. Meningkatkan kecepatan laptop dengan mengoptimalkan baterai.
sumber : http://www.which.co.uk/
  • Lakukan seting berikut: Start > Control Panel > Hardware and Sound > Power Options, maka akan tampil jendela "Select Power Plan" dan ada tampilan beberapa daftar rencana pengaturan. Klik panah bawah di samping teks 'Tampilkan rencana tambahan' (show additionals plan). Klik opsi Kinerja tinggi (High Perfomance). Ini akan memberi Anda kecepatan maksimum laptop, sebaiknya colokan laptop ke listrik karena daya baterai akan terkuras.

2. Ugpgrade Memori
sumber : http://www.conrad-electronic.co.uk/
  • Penambahan memori atau RAM dapat mempercepat kerja laptop. Lihat buku manual apakah laptop masih memungkinkan untuk ditambah memori. Jika masih memungkinkan sebaiknya dimaksimalkan.

3. Gunakan ReadyBoost

  • Menambah RAM dengan menggunakan Flashdisk dengan fasilitas ReadyBoost di Windows. Flashdisk harus lebih besar dari 256 MB dan perhatikan kecepatan transfer Flashdisk. Tancapkan Flashdisk kemudian masuk pada windows explorer kemudian klik kanan pada drive Flashdisk dan pilih ReadyBoost. Kemudian pilih Use This Device gerakan slider untuk menentukan jumlah memori yang diingikan dan sisanya masih digunakan untuk menyimpan data.

4. Mengatur Component Services
www.blog.londo-godong.com

  • Mengatur ini agak ribet bagi awam tapi sebaiknya dicoba. Klik start ketikan "Services" dan tentukan layanan mana yang perlu di non aktifkan. Pilih dengan teliti layanan yang tidak anda butuhkan kemudian non aktifkan. Beberapa layanana bisa menyebabkan system komputer mati oleh karena itu anda dapat googling di internet
5. Ganti Hardisk dengan Hardisk SSD
Perbandingan HDD dan SSD (http://images.appleinsider.com)

  • Hardisk SSD beda dengan Hardisk dengan sistem putaran piringan. Sehingga waktu sangat menentukan dalam kecepatan akses data. Dengan sistem putaran piringan membutuhkan waktu dan berapa rpm yang tertera pada Hardisk, sistem puturan piringan juga rentan rusak. hardisk SSD cara kerja hampir seperti Flashdisk. Jika anda memiliki dana lebih gantilah hardisk dengan hardisk sistem SSD karena harganya lumayan mahal.
6. Selalu Update Operating System
  • Update-lah System Operasi Anda (Windows/Macos/Linux) atau instal ulang 

0 komentar: