Poltek Malang Latih Komputasional Thingking untuk Guru Komputer SMP


Pendidikan informatika di tingkat SMP di Kota Malang semakin ditingkatkan melalui pelatihan Computasional Thinking yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Informatika SMP Kota Malang. Acara tersebut diadakan dengan kerjasama antara Dosen Informatika Poltek Negeri Malang dan organisasi Bebras, yang didanai oleh Google.

Pada pembukaan acara, Pak Hasbullah, selaku koordinator MGMP Kota Malang, menyampaikan pentingnya melatih cara berfikir seperti komputer dalam memecahkan solusi. Beliau menekankan bahwa keahlian Computasional Thinking sangat vital untuk meningkatkan daya saing siswa di era digital ini.

Ketua Jurusan Informatika Poltek Malang Dr. Eng. Rosa Andrie turut memberikan sambutan, menjelaskan bahwa Polinema telah ditunjuk secara langsung dalam pembinaan guru-guru informatika untuk melatihkan berpikir komputasi pada siswa SMP. Tujuannya adalah agar siswa mampu menerapkan keterampilan ini dalam kegiatan literasi dan numerasi.

Puncak acara adalah pengumuman pemenang yang berhasil meraih nilai tertinggi dalam ujian Computasional Thinking dari Bebras. Juara 1 berasal dari SD Jakarta, sementara juara 2 diraih oleh SD Sabilillah Malang dan SD Bina Bangsa Malang.

Pelatihan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para dosen, mengenai pengenalan Computasional Thinking serta konsep plug dan unplug. Para peserta juga diperkenalkan dengan aplikasi pemrograman yang dapat dihubungkan dengan hardware, salah satunya adalah kontrol pergerakan drone.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, para guru informatika dari SMP Kabupaten Malang turut hadir untuk mengasah kemampuan mereka. Semua pihak berharap bahwa melalui pelatihan ini, guru-guru dapat mentransfer keterampilan Computasional Thinking kepada siswa-siswa mereka, membuka jalan bagi generasi muda untuk menjadi pemikir komputasi yang handal.

Post a Comment

Terima kasih atas komennya

Previous Post Next Post