Pertemuan Bimtek Proktor Asesmen Nasional 2023


Pertemuan Bimtek Proktor Asesmen Nasional 2023 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dengan tujuan untuk mempersiapkan proktor dalam pelaksanaan asesmen nasional. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan ibu Ida Rosita, yang mengapresiasi kehadiran para peserta dan menekankan pentingnya peran proktor dalam menjaga kejujuran dan kualitas asesmen nasional.

Selanjutnya, diawaali pengantar dari ketua MGMP Informatika bapak Anas Darsono, tim helpdesk memberikan materi kepada peserta terkait tugas dan tanggung jawab proktor. Mereka menjelaskan secara detail tentang prosedur pelaksanaan asesmen nasional dan memberikan contoh situasi yang mungkin dihadapi oleh proktor. Tim helpdesk juga memberikan penjelasan tentang pentingnya pengawasan yang cermat dan adil dalam menjaga integritas.

Setelah sesi penyampaian materi, dilakukan pelatihan mengenai instalasi dan troubleshooting. Peserta diberikan panduan langkah demi langkah dalam menginstal perangkat lunak yang digunakan dalam asesmen nasional. Mereka juga dilatih untuk mengatasi masalah teknis yang mungkin muncul, seperti gangguan koneksi internet atau masalah perangkat keras. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan proktor dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas mereka. Semua kebutuhan aplikasi tidak berbeda jauh, hanya ada pembaharuan versi dan interface.

Pertemuan Bimtek Proktor Asesmen Nasional 2023 memberikan kesempatan kepada peserta untuk berpartisipasi dalam sesi latihan langsung. Mereka diberikan simulasi tugas proktor dan didampingi oleh instruktur yang memberikan umpan balik konstruktif. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dengan satu komputer, lalu masing-masing mempraktekkan instalasi aplikasi dan seting yang dibutuhkan untuk moda semi online seperti Virtual Box, CBT exambro. Bahkan salah satu kelompok dibuat kesulitan dengan diberikan komputer dengan OS Windows 8 tapi berkat pengalaman proktor semua dapat diatasi dengan baik.

Pada akhir pertemuan diharapkan peserta memahami secara lebih mendalam tugas dan tanggung jawab mereka sebagai proktor dengan persiapan yang matang melalui pertemuan ini, proktor akan dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik dan memastikan kejujuran dalam asesmen nasional.

Post a Comment

Terima kasih atas komennya

Previous Post Next Post