Manuscript Gulungan Laut Mati Di-online-kan Google

Gulungan Laut Mati yang ditulis sekitar 2000 tahun yang lalu kini dapat dibaca secara online karena kemitraan antara Google dan museum nasional Israel.
Dokumen-dokumen penting yang tersedia dapat dicari, gambar resolusi tinggi, disertai dengan video informatif, informasi latar belakang, dan data historis.
Sejauh ini lima dari gulungan telah didigitalkan, termasuk Kitab Yesaya Alkitab, Temple Scroll, dan tiga lainnya.
Managing Director Google R & D Center di Israel, Profesor Yossi Matias mengatakan mereka berencana untuk menambahkan dokumen Gulungan Laut Mati ke web pada masa depan. AP mengatakan hampir semua gulungan akan online pada tahun 2016.
Sementara sebagian kecil dari gulungan dimiliki oleh koleksi pribadi dan organisasi, Museum Israel memiliki gulungan paling lengkap. Dokumen-dokumen ini berada di sebuah gedung aman di Yerusalem disebut Kuil Kitab, yang memerlukan tiga kunci untuk masuk.
"[Gulungan] adalah penting antara jaman batu dari warisan dunia monoteistik, dan mereka mewakili dari kepemilikan ensiklopedis museum kami secara unik," kata James Snyder, Anne dan Jerome Fisher Direktur Museum Israel. "Sekarang melalui kemitraan kami dengan Google, kita mampu untuk membawa harta karun kepada masyarakat seluas mungkin."
Kritikus telah memperingatkan pemilik gulungan di masa lalu untuk tidak menyimpan gulungan dan hanya digunakan oleh para sarjana eksklusif. Ke depan, bagaimanapun, Gulungan Laut Mati akan tersedia untuk siapapun dengan akses internet dengan detail yang ekstrim: mereka telah disimpan dengan ukuran gambar 1.200-megapiksel.
Gulungan Laut Mati secara luas dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologi yang paling penting dari abad ke-20. Ditulis dari sekitar 150 SM sampai 70 M, manuskrip memberikan dasar bagi banyak dari Alkitab Kristen dan memberikan wawasan ke dalam sejarah dan keragaman Yudaisme. Gembala Badui Palestina, Muhammad edh-Dhib dan sepupunya pada awalnya menemukan gulungan pada musim dingin 1946-1947 di gua-gua di Tepi Barat. Lima gulungan yang sekarang online dibeli oleh para peneliti Israel antara tahun 1947 dan 1967 dari dealer barang antik.
Anda dapat membaca dengan teliti gulungan dengan mengunjungi situs Proyek Dead Sea Scrolls

Post a Comment

Terima kasih atas komennya

Previous Post Next Post