Selalu Ada Kecurangan di Pendidikan

Ujian akhir sekolah baik ujian sekolah berbasis nasional dan ujian Nasional berbasis Komputer telah usai. Namun menyisakan persoalan pelik, mulai dari sulitnya soal sampai bocornya soal UNBK.
Sudah seperti tahun-tahun sebelumya kebocoran soal Ujian Sekolah dan Ujian Nasional selalu terjadi. Seperti di kota Surabaya, soal UNBK jenjang SMP disinyalir telah dibobol oleh pihak sekolah dan disebarkan melalui lembaga bimbingan belajar. Ditingkat SMA, muncul kunci jawaban USBN di media-media sosial.
Sedangkan materi soal juga mendapatkan sorotan, terlebih soal Matematika tingkat SMA yang mulai menggunakan soal level internasional meskipun kadarnya sedikit. Banyak siswa mengeluh kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika tersebut.
Peristiwa diatas tentu sangat memprihatikan, dimana ajang test kemampuan akademis yang diselenggarakan pasti ada kecurangan. Pertanyaanya mengapa? Apakah sekolah-sekolah masih mengedepankan aspek akademis, terlebih untuk jenjang dasar menengah? Padahal pemerintah sudah meniadakan ujian nasional sd dan menjadikan ujian nasional jenjang SMP-SMA hanya untuk pemetaan. Tapi kenyataan dilapangan tingkat kepala dinas dan sekolah selalu mendewa-dewakan UNBK. Hanya karena prestise "kalau nilai siswa jelek sekolah kita juga jelek, kota kita jelek". Tentu korbanya adalah siswa dan apakah mereka yang akan melanjutkan kecurangan tersebut. Smoga tidak.

0 komentar:

Post a Comment