Awas Korea Utara Mencuri Bitcoin

Beberapa media di Amerika Serikat ramai memberitakan kegiatan peretasan bitcoin oleh Korea Utara. Seperti yang diberitakan oleh pcmag.com bahwa kegiatan peretasan telah menyerang perusahaan cryptocurrrency.
Peringatan tersebut diumumkan oleh perusahaan keamanan SecureWorks. Mereka mengatakan bahwa email yang berasal dari Inggris menawarkan lowongan pekerjaan bagia CFO untuk perusahaan Bitcoin yang berbasis di London. Pada email tersebut melampirkan dokumen MS.Word. Ketika dibuka akan muncul perintah "enabled editing" dan "enabled content". Jika melakukannya maka akan mengaktifkan makro perangkat lunak dan akan menginstal Trojan Akses Jarak Jauh, yang dapat men-download malware tambahan ke komputer.

SecureWork mencurigai grup hacker Lazarus berada dibelakang itu semua, dimana mereka pernah melakukan hacking terhadap Sony Picture tahun 2014.
"Beberapa saat lalu memang Korea Utara tertarik dengan Bitcoin. Alamat IP mereka ditengarai telah melakukan penelitian tentang crypto sejak 2013", menurut SecureWorks.
Awal bulan ini, situs pertambangan Bitcoin yang disebut NiceHash dirampok dari 4.700 bitcoin, yang sekarang bernilai $ 83 juta. Para peretas entah bagaimana mendapatkan akses jarak jauh ke perusahaan komputer dan mencuri kredensial seorang karyawan.
"Maka bagi konsumen yang berinvestasi pada bitcoin atau cryptocurrencies lainnya, sebaiknya gunakan autentikasi dua faktor dan kata kunci unik yang unik dengan mata uang pertukaran virtual apa pun yang Anda gunakan", saran SecureWorks.

0 komentar:

Post a Comment