Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Pendaftaran Siswa Baru atau Peneriman Peserta Didik Baru Tahun Didik 2018 - 2019 (PPDB) telah dibuka, khususnya sekolah-sekolah swasta. Tentu bagi orang tua memilih sekolah bagi anaknya sangatlah penting. Mereka akan memilih sekolah yang tepat, jangan sampai anak-anak mereka tidak nyaman di sekolah. Pribahasa "jangan membeli kucing dalam karung" sangatlah tepat bagi orang tua yang mulai mencari sekolah.
Tentu sekolah-sekolah swasta juga sudah mulai banyak berbenah dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Antar sekolah tentu bersaing dalam mendapatkan murid. Promosi dan kenyataan tentu harus sebanding. Ingat bahwa banyak sekolah swasta yang dimiliki yayasan atau perorangan. Ini akan menjadi pertimbangan bagi orang tua siswa, apakah sekolah memang lembaga yang melayani atau sekedar mencari keuntungan. Selain itu perlu juga dilihat sarana prasarana penunjang yang terdapat di sekolah pilihan. Ada beberapa orang tua yang memberikan tips yang hampir sama, yakni memeriksa kamar mandi siswa. Kamar mandi menjadi tolok ukur beberapa orang tua dalam menilai kualitas sekolah. Jika kamar mandi bersih dan terawat dengan baik maka sekolah memiliki mutu yang baik, karena sekolah memperhatikan hal paling dasar dari siswa.
Tips lain yang dipilih oleh orang tua adalah manajemen dan kurikulum sekolah. Apakah sekolah memiliki kalender akademik, kegiatan pembelajaran, evaluasi, supervisi guru, ekstra kurikuler, kegiatan-kegiatan kesenian, dan keterlibatan sekolah dalam kemasyarakatan.
Untuk menggali informasi suatu sekolah pilihan orang tua juga perlu mencari informasi di lingkungan sekolah, seperti siswa yang ada di sekolah tersebut, masyarakat sekitar sekolah atau orang tua siswa yang anaknya sekolah tersebut.
Masih banyak tips dalam memilih sekolah maka orang tua harus terlibat aktif dalam pendampingan saat siswa sudah diterima.

0 komentar:

Post a Comment