Mana yang Terbaik Yahoo! Mail atau Gmail?

Dua saingan terbesar di jagad email yakni, Yahoo mail dan Gmail. Yahoo memang ada lebih dulu dari Gmail, sehingga bisa dikatakan sebagai kakak dari Gmail. Terakhir Yahoo banyak mengalami perubahan semenjak tersandung kasus hack account pada tahun 2013 lalu. Lalu Gmail yang tetap dengan style-nya, tampilan sederhana namun banyak aplikasi. Namun apakah tampilan seperti itu Gmail lebih baik dari Yahoo Mail.
Dari semua fitur dan layanan penyimpanan yang besar, apakah membuat seseorang memilih sebuah email. Berikut tawaran yang diberikan dua email tersebut:

Keamanan
Belajar dari pengalaman pembobolan account di 2013, Yahoo Mail banyak melakukan langkah perbaikan dan peningkatan keamanan. Jika hacker menggunakan MDS untuk membobol password akun Yahoo, kini mengupgrade algoritmanya ke Bycript yang jauh lebih aman.
Yahoo juga melakukan autentikasi 2 macam, yakni penggunaan password dan verifikasi melalui ponsel. Semua surat yang masuk juga dipindai dengan antivirus.
Sedangkan Gmail juga pernah mengalami kejutan, setelah Orin Hanif peneliti keamanan jaringan menemukan bug difitur 'delegate access' yang dapat menyebabkan pencurian. Meskipun bukan password yang dicuri namun dapat menyebabkan penipuan atau phising.


Fitur
Gmail dan Yahoo mail adalah client email yang sangat tangguh. Mereka memberikan layanan secara gratis dan fitur yang beraneka ragam. Keduanya memberikan layanan chat dan  storage cloud. Jika Yahoo memberikan 1 Tera penyimpanan, Gmail memberikan kapasitas 15 Giga.

Kemudahan Penggunaan
Pemakai kedua layanan email tentu akan sangat tidak menyukai halaman email mereka dipenuhi oleh iklan. Layar Yahoo mail memang banyak sekali iklan meskipun mereka mengklain sudah mengurangi. Sedangkan Gmail sangat hati-hati terhadap iklan, namun mereka akan membaca email Anda dan akan menargetnya jika email berkaitan dengan kata kunci tertentu. Mereka akan menampilkan iklan, algoritma Gmail akan mengetahui email private Anda.
Kedua layanan juga mengatur inbox Anda, jika Gmail menggunakan label, Yahoo mail menggunakan folder. label Gmail menawarkan fungsionalitas lebih besar, sedangkan folder lebih mudah digunakan.
Namun, Gmail memenangkan filter spamnya dengan analisis dan algoritma kuartal mampu menelesuri spam.
Server Gmail memang luas sehingga email dapat terkirim dengan cepat, namun beberapa orang menganggap Yahoo Mail juga cepat.

Kedua layanan memang memiliki kelebihan dan kekurangan dan masing-masing dari kita juga akan memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

0 komentar:

Post a Comment