Curhat: "Pekerjaan Guru Menghancurkan Hidup"

https://media.foody.id
Berikut curahan hati seorang guru dalam program karir di web berita TheGuardian:
"Pekerjaan guru telah menghancurkan hidup saya, saya memiliki banyak ketrampilan lain tapi bagaimana saya dapat menemukan pekerjaan yang lebih baik? Saya ingin keluar dari mengajar, saya bukan seorang senior leader yang dapat menjadi konsultan atau pemimpin di sekolah. Saya telah mengajar lebih dari 1 dekade sesuai dengan ketrampilan dan pengalaman.
Saya merasa terjebak. Saya merasa memiliki banyak ketrampilan yang bagus seperti komunikasi, kreatif dan kemampuan kolaborasi, serta kemampuan IT yang bagus.
Semua itu membuat saya sering sakit kepala, panik dan mudah "terbakar".


Pengasuh Program Lisa LaRue di TheGuardian menanggapi keluh kesah guru tersebut:
Pertama, saya sangat senang Anda membagikan cerita. Tidak mudah menemukan keberanian untuk bicara tentang perasaan terdalam. Banyak sekali orang menderita dalam sikap diam mereka namun berharap semua itu dapat dilalui. Jika Anda menghendaki pindah pekerjaan maka langkah selanjutnya adalah menentukan peran apa yang akan diambil. Anda juga perlu memahami mengapa Anda tidak menyukai pekerjaan, apakah Anda bekerja berjam-jam dan tekanan semakin meningkat, apakah tidak ada peluang untuk berkembang. Apakah Anda tidak menikmati sebagai seorang guru? Anda mengatakan sangat ingin keluar dari mengajar padahal berdasarkan pengalaman banyak orang menikmati sebagai seorang pengajar dan mampu mengikuti sistem yang ada. Jika Anda masih memiliki semangat mengajar maka pertimbangkan untuk berpindah jenjang saja, misal dari sekolah dasar ke menengah atau ke lanjutan.
Setelah Anda mengidentifikasi keinginan maka alihkan pada ketrampilan Anda yang fantastis. Kuatnya komunikasi, kreatifitas, kolaborasi dan kemampuan IT merupakan kemampuan yang banyak dicari perusahaan-perusahaan besar. Betapa berbakatnya Anda dan ini akan dicari di pasar kerja.
Namun Anda juga memerlukan orang profesional untuk mengatasi dampak psikologis dan fisik yang sudah terjadi dan kemungkinan besar akan ada perubahan positif dalam diri sehingga Anda mampu mengambil keputusan untuk masa depan Anda.

0 komentar:

Post a Comment