Sekolah Wajib Menerbitkan Dua Macam Rapor

Pada kesempatan kunjungannya di kota Malang menteri pendidikan Muhadjir Efendy mengutarakan gagasan tentang double rapor atau laporan nilai ganda, yakni rapor akademik dan kepribadian. Hal ini sebagai tindak lanjut program penguatan karakter yang telah berjalan.
"Sekolah nanti akan memiliki dua versi rapor. Yang pertama rapor akademik untuk intrakulikuler, yang kedua rapor rekaman aktivitas siswa yang berupa narasi deskreptif untuk menceritakan tingkat perkembangan siswa dari tingkat SD sampai SMA," kata Muhadjir di Jakarta, Selasa (25/7), seperti dilansir kantor berita Antara.
Progam rapor ganda tersebut sebenarnya sudah dimulai pada penerapan Kurikulum 2013. Dimana penilaian karakter sudah dilakukan oleh satuan pendidikan, yakni penilaian sikap selain penilaian akedemis. Namun pada rapor ganda nantinya penilaian karakter akan semakin jelas dan detail karena bakat-minat dan kemampuan akan terekam. Pelaksanaan rapor ganda menunjuk kota Malang sebagai pilot project seperti yang dilansir koran Malang Post.

0 komentar: