Youtube Diblokir Rusia

Youtube menantang agen Federal Rusia dalam pengadilan tinggi di Moskow. Melalui juru bicaranya Youtube melakukan gugatan atas pelarangan penayangan video yang berbau kekerasan. Video yang diblikir tersebut adalah tayangan efek make-up untuk film atau halowen yang menampilkan silet yang muncul dari pergelangan tangan seseorang dengan darah palsu.
Efek yang seolah-olah asli itu menurut sebuah sumber yang dekat  masalah tersebut dapat menjadikan orang untuk melakukan bunuh diri.

Melalui pengadilan di Moskow Youtube akan mempertanyakan sejauh mana batas-batas peblokiran sebuah video dalam website. Padahal jelas video tersebut bertujuan menghibur pemirsa. Bahkan Youtube akan memblokir semua tayangannya daripada memblokir beberapa video.
Masalah yang sama juga pernah terjadi setelah layanan 1,3 layanan Google blogger di Rusia diblokir akibat peraturan peradilan yang memerintahkan blogger yang berkonten ekstrimis untuk diblokir. Juga pada tahun 2010 Youtube pernah diblokir seluruhnya oleh layanan internet di Rusia.

0 komentar: