Tugas Pengawas Ujian Nasional SMP

Hari ini, hari kedua aku menjadi pengawas Ujian Nasional di SMPK di Malang. Dua tahun berturut-turut aku jaga disana. Bersama dengan 3 kawan yang semuanya cewek aku bertugas sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh departemen pendidikan. Tentunya dengan hati nurani juga,, hehe.

Beberapa guru dari sekolah lain, komisaris dan seorang bapak polisi juga ikut bertugas.
Ada beberapa hal yang baru dari tahun yang sebelumnya yaitu:
  • lembar kode soal untuk pembagian soal
  • berita acara dan absen siswa dalam satu lembar bolak-balik
  • adanya 2 kode yang mesti diisi pada daftar absen tapi panitia belum tahu kode tersebut kode apa
  • lembar pakta integritas pengawas yang harus ditanda tangani
  • LJK terdapat tulisan yang mesti disalin siswa yaitu tentang mengerjakan dengan jujur
  • Segel berupa dua stiker, kalau dulu kertas dan harus di lem
Pada hari pertama tidak ada kendala atau kejadian yang menyita banyak perhatian. Hanya penulisan kode pada absensi dan berita acara yang masih belum benar. Info dari sub rayon juga masih belum jelas. Sehingga penulisannya salah. Ada geberapa pengawas tidak memasukan lembar pakta integritas pengawas dalam amplop karena instruksinya memang kurang kelihatan. Selain itu beberapa pengawas tidak menyertakan karton pelindung LJK dalam amplop LJK.
Sedangkan di pihak siswa, beberapa siswa kurang memperhatikan waktu. Dari dua jam yang disediakan, mereka asyik mengerjakan di lembar soal tapi lupa waktu sehingga waktu tinggal 20 menit, mereka dengan terburu-buru harus menyalin jawaban pada LJK.
Sedangkan hari kedua sudah berjalan normal dan tidak ada kesalahan lagi.
Secara keseluruhan menurutku sudah berjalan OK dan yang pasti para murid bekerja dengan jujur dan pengawas bekerja dengan profesional. Aku sendiri harus cek ulang identitas siswa meskipun teman pengawas seruangan sudah ng-cek. "Yang namanya manusia bisa salah kan". Seperti kata kepala sekolah "Human error pasti terjadi tapi bagaimana meminimalisir adalah kerjasama pengawas".
Semoga sukses UN SMP di Malang... ciaooooo...

0 komentar: