Final Liga Pendidikan Indonesia

image by Antara
Final sepak bola Liga Pendidikan yang mempertemukan SMPN 03 Gresik sebagai wakil Jawa Timur dengan SMPN 04 Semarang sebagai wakil Jawa Tengah, dimenangkan oleh wakil Jawa Timur. Pada babak pertama tim ini kebobolan lebih dulu dari kaki striker Semarang Dwi Chandra.
Sampai babak pertama berahir kedudukan masih 1 : 0. Menjelang babak kedua, tim Jatim melakukan perubahan strategi dengan menempatkan empat defender untuk menahan dua striker Semarang. Hal itu akhirnya membuahkan hasil, lewat tendangan Dimas kedudukan menjadi 1 : 1. Kini Jawa Tengah meningkatkan serangan, namun usaha tersebut dapat dipatahkan oleh defender Jawa Timur. Posisi menyerang membuat tim Semarang lengah dan kesempatan serangan balik dua pemain Jawa Timur dapat membuahkan hasil 2 : 0.
Jika melihat pertandingan secara keseluruhan skill sepakbola siswa-siswa SMP ini sudah sangat bagus, kerjasama dan fair play sangat kentara. Talenta yang nampak sejak usia muda seperti mereka mestinya sudah mendapatkan perhatian dan dukungan orangtua maupun lembaga terkait. Jangan sampai skill yang sudah nampak harus hilang seiring perkembangan usia mereka.
Tidak hanya usia SMP bahkan anak sekolah dasarpun banyak yang menunjukkan bakat-bakat di bidang sepakbola. Seperti penulis rasakan saat sekolah dasar. Bagaimana persahabatan selama enam tahun dapat memunculkan kerjasama tim dalam sepakbola. Pertandingan-pertandingan yang mereka lakukan tanpa pengawasan atau perhatian orangtua dan lembaga terkait. Akhirnya bakat dan kemampuan hanya terpakai untuk kegiatan senang-senang saja. Tak ada yang tak mungkin untuk memunculkan Lionel Messi-Lionel Messi masa depan disini. 

Tim Sepak Bola Impian (By Si Bolang Indonesia)

0 komentar: