Perawatan Hardisk External

7 Tips Merawat Hardisk Eksternal


Power Listrik
Jangan mematikan listrik dengan mencabut kaberl USB tanpa melalui prosedur karena putaran piringan hardisk yang begitu cepat dan berhenti dengan tiba-tiba dan menyebabkan head pembaca akan bergesekan dengan piringan yang berputar. Akibatnya terjadi bad sector. Oleh karena itu natikan hdd sesuai prosedur (safe remove ardware)

Hindarkan Benturan/guncangan
Pada saat hdd dalam keadaaan bekerja hendaknya letakan pada tempat yang statis tidak bergerak atau bergetar. Jangan terbentur atau jatuh, lebih-lebih saat mengcopy data. Karena akam mempengaruhi kerja head. Head yang mengambang diatas permukaan piringan akan tertarik atau menjauh sehingga pembacaan data tidak normal. Keadaan ini dapat juga menyebabkan bad sector.

Jauhkan dari daya magnet
Jauhkan hdd dari benda-benda yang mengandung magnet seperti speaker, ponsel, radio dll. Ini akan mempengaruhi data-data yang tersimpan pada piringan. Karena data yang ada pada piringan terjadi karena proses magnetasi. Maka daya magnet yang kuat akan merusak data yang menempel.

Pemakaian
Jika hdd digunakan dalam jangka waktu lama seperti bermain game atau menjadikan hdd sebagai booting operating system maka kerja head dalam membaca menulis akan lebih keras lagi. Ini juga dapat menyebabkan bad sector

Timing yang tepat
Sering-seringlah mematikan hdd setelah pemakaian 8 jam terus menerus

Lakukan proses defragment
Lakukan defragmet secara berkala mungkin 1 bulan sekali untuk mengatur ruang kosong pada hdd. Pemakaian dapat menuyebabkan ruang kosong tidak tertata rapi dan akan menyisip pada data-data lain. Akibatnya kerja hdd makin keras. Gunakan tool defrag yang sudah disediakan oleh Windows

Kapasitas RAM
Kapasitas RAM yang besar akan mengurangi proses swapping file yang besar ke hardisk

sumber : http://www.bestexternalhdd.com
Butuh hdd external (Seagate, Adata, Samsung) call Caldera Komputer 0341-9709260 (kota malang barang dapat dikirim, satu item dilayani )

0 komentar: